Pengertian Android

Android adalah sistem operasi untuk mobile device yang berjalan pada kernel linux. Pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc. yang kemudian perusahaan ini akuisisi oleh Google pada tahun 2005. Setelah itu Android mulai dirilis pada tanggal 5 November 2007 dengan diperkenalkannya Open Handset Alliance, yang merupakan konsorsium dari 50 perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan perusahaan telekomunikasi yang berkomitmen untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat mobile.

Aplikasi Android ditulis dengan bahasa Java, menggunakan Java Core Libraries. Aplikasi Android dijalankan diatas VM bernama Dalvik Virtual Machine. Android Standart Development Kid (SDK) menyediakan perlengkapan dan Application Programming Interface (API) yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android.

Android adalah sebuah sistem operasi mobile open source dan dapat dimanufaktur untuk dikustomisasikan sehingga tidak adanya konfigurasi yang pasti mengenai software dan hardwarenya. Akan tetapi, secara garis besar Android sendiri mendukung fitur-fitur sebagai berikut ini:

  1. Storage — Mendukung SQL Lite. SQL Lite adalah sebuah database relational lite (versi ringan) yang digunakan untuk penyimpanan data.
  2. Konektivitas — Mendukung koneksi GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EVDO, UMTS, Bluetooth, Wifi, LTE, dan Wimax.
  3. Massaging — Mendukung SMS dan MMS.
  4. Web Browser — Web browser yang digunakan adalah browser berbasis open source Webkit, dengan engine javascript Chrome V8
  5. Media Support — Dukungan media pada Android melipute file media bertipe: H.263, H.264 (dalam bentuk 3GP atau MP4 Container), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (3GP Container), AAC, HE-AAC (dalam bentuk MP4 atau 3GP container), MP3, MIDI, Ogg Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, dan BMP.
  6. Dukungan Hardware — Sensor Accelerometer, Camera, Kompas digital, Sensor Proximity, dan GPS (Global Potitioning System).
  7. Multi Touch — Mendukung layar dengan dukungan multi touch.
  8. Multitasking — Kemampuan untuk melaksanakan tugas secara bersamaan atau dalam kata lain dapat membuka program secara bersamaan (lebih dari satu).
  9. Flash — Mendukung animasi Flash.
  10. Tethering — Mendukung berbagi jaringan internet (Hotspot).

Dalam paket sistem operasi Android diibaratkan sebagai tumpukan software. Setiap lapisan dari tumpukan ini menghimpun beberapa program yang mendukung fungsi — fungsi spesifik dari sistem operasi. Berikut ini susunan lapisan-lapisan tersebut dilihat dari lapisan dasar hingga teratas :

Untuk mengembangkan sistem operasi Android, kita dapat menggunakan perangkat tambahan seperti PC (Personal Komputer), Laptop, ataupun netbook, yang menggunakan sistem operasi Mac, Windows PC, atau Sistem operasi berbasis linux yang digunakan untuk PC seperti : Ubuntu, Suse, Debian, dan lain-lain. Semua tools yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem operasi ini dapat diunduh secara gratis dari website penyedia Tools tersebut.

Bundet is a reflection of failure in managing ideas and mixing them to put an end to brain noise — we’re here bit.ly/satanic-issue

Bundet is a reflection of failure in managing ideas and mixing them to put an end to brain noise — we’re here bit.ly/satanic-issue