Apa itu REMOTE DESKTOP?

Saat Admin bisa diremote desktop oleh seorang penyusup, maka apakah bisa penyusup tersebut mengganti password admin via remote desktop? Tentu bisa, dan ini alasannya:

  1. Sekilas Mengenai Remote Desktop Connection
  2. Apa itu Remote Desktop Connection?
  3. Bagaimana cara kerjanya?
  4. Apa manfaatnya?

Remote Desktop Connection

Ketika bekerja di sebuah perusahaan, kami diperkenalkan dengan sebuah cara kerja baru yang cukup menarik. Cara kerja ini dengan menggunakan remote desktop. Sebuah cara kerja dimana kami dapat mengakses komputer inti yang menjadi pusat data di ruangan utama dari ruang kerja yang disediakan perusahaan tempat proyek kami tengah dilakukan. Sebuah cara kerja yang menyenangkan menurut kami.

Bagaimana tidak, sebab jika kami harus melakukan sesuatu atau mengakses komputer tersebut, kami tidak perlu menuju ke ruangan utama tersebut, melainkan cukup mengerjakannya dari komputer di ruangan yang telah disediakan untuk kami. Hal ini tentu menghemat waktu dan tenaga kami. Nah, dalam artikel ini bagaimana jika kita membahas sedikit tentang remote desktop? Istilah yang mungkin anda sendiri sudah sering atau pernah mendengarnya. Jika anda belum pernah mendengarnya, tidak ada salahnya tetap menyimak bukan?

Untuk saat ini, Fitur Remote Desktop hanya dapat digunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows. Dengan fitur ini, anda dapat mengendalikan komputer dari jarak jauh tak peduli dimanapun anda berada. Biasanya seperti itu. Dengan menggunakan Remote Desktop ini, anda dapat mengakses data, menggunakan aplikasi, dan hal lainnya meskipun anda jauh dari komputer anda tapi anda seolah-olah sedang berada di depan komputer yang tengah anda akses secara remote tersebut. Selama koneksi internet anda cukup stabil, anda dapat mengakses bahkan memperbaiki komputer anda tanpa harus berada di depannya.

Remote Desktop bekerja dengan menggunakan protokol RDP alias Remote Desktop Protocol. Secara default, Remote Desktop ini bekerja pada TCP port 3389. Untuk dapat menikmati fitur Remote Desktop ini, anda dapat menelisik langkah berikut,

Pastikan sistem operasi komputer anda dan komputer tujuan remote desktop adalah sistem operasi yang memiliki fitur Remote Desktop ini sebagaimana telah kami sebutkan di atas.

Remote Desktop bekerja dengan menggunakan jaringan internet ataupun melalui jaringan WAN sehingga anda harus memastikan koneksi jaringan internet anda mendukung sehingga saat anda memanfaatkan fitur Remote Desktop ini lancar tanpa beban apapun. Koneksi yang lamban dan tidak mendukung malah akan menjadi beban dengan tidak merespon dengan baik aktifitas remote yang tengah anda lakukan. Anda dapat pula menggunakan koneksi dengan bandwidth rendah dan tetap memungkinkan anda untuk melakukan kontrol jarak jauh.

Akses Remote Desktop dengan mengklik start menu, pilih All Programs, pilih Accessories, pilih Communication lalu pilih Remote Desktop Connection. Jika anda sering menggunakan fitur ini, biasanya secara otomatis muncul di daftar menu pada menu start karena terindikasi sebagai aplikasi favorite.

Jika ternyata Remote Desktop tersebut belum tersedia pada sistem operasi anda, maka anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Kalian bisa download aplikasi tersebut di situs resmi Microsoft dengan memanfaatkan fitur Search Box untuk mendapatkan versi terbaru aplikasinya. Pastikan anda selalu menggunakan software terbaru dari Remote Desktop Connection ini.

Bundet is a reflection of failure in managing ideas and mixing them to put an end to brain noise — we’re here bit.ly/satanic-issue

Bundet is a reflection of failure in managing ideas and mixing them to put an end to brain noise — we’re here bit.ly/satanic-issue